Aplikasi “SI LANCAR” Bombana Pantau Retribusi PAD dan Lalin

132
Kepala bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana Deddy Fan Alva Slamet, ST., MM saat peluncuran aplikasi SI LANCAR
Kepala bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana Deddy Fan Alva Slamet, ST., MM saat peluncuran aplikasi SI LANCAR

KARYASULTRA.ID, BOMBANA-Guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perhubungan maka Pemerintah Kabupaten Bombana telah meluncurkan aplikasi Si-Lancar. Aplikasi canggih ini merekam secara detil aktifitas jalan raya. Apakah berjalan lancar, macet, atau ada kejadian lain serta yang terpenting merekam perputaran pembayaran pos PAD. Hadirnya aplikasi ini dinilai dapat memacu percepatan pembangunan.

Aplikasi “SI LANCAR” yang digagas pihak Dinas Perhubungan Bombana tersebut diciptakan untuk melakukan pengawasan dan memantau petugas lapangan penarik retribusi.

Kepala bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana Deddy Fan Alva Slamet, ST., MM mengatakan aplikasi ini sudah terpasang di Perempatan Lameroro, pelabuhan Ferry dan di Tugu Brimob.

Latar belakang aplikasi SI LANCAR ini rentang kendali yang luas, belum terpenuhinya PAD bidang perhubungan, masih kurangnya tingkat kedisiplinan petugas retribusi di lapangan.

“Keunggulan aplikasi ini termaksud didalamnya ada CCTV yang dipasang tiga titik, absensi secara ontime ketika petugas ada di lapangan dia foto kita masukan diaplikasi, mengisi pendapatan PAD perhari jadi tidak dapat dimanipulasi PAD,” kata dia, Sabtu (30/10/2021).

Menurut Deddy tingkat kedisiplinan petugas lapangan PAD belum maksimal dengan adanya aplikasi ini dapat mengotimalkan kinerja petugas PAD.

“Kami juga menyediakan bonus untuk petugas PAD yang mencapai target kita memberikan 4 persen dari berapa yang dia dapat,” jelasnya.

Deddy juga menerangkan tujuan aksi perubahan ini memiliki tiga jangka, jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang. Jangka pendek tersedianya aplikasi SI LANCAR dan tiga titik kamera pengawas di wilayah ibukota kabupaten Bombana.

Jangka menengah tersedianya tambahan 12 titik kamera pengawas di wilayah kabupaten. Jangka panjang terintegrasinya aplikasi SI LANCAR yang masuk dalam pengembangan Command center Kabupaten Bombana.

Ditambahkannya, hal ini menjadi harapan pemerintah daerah dapat meningkatkan mental jujur dari petugas penagih retribusi.

“Masyarakat dapat ikut membantu memantau kelancaran lalu lantas serta dapat memberikan laporan terkait pelanggaran kedisiplinan,” tegasnya.

Untuk diketahui, fitur fitur dalam aplikasi SI LANCAR ini tampilan visual real time 24 jam di titik pengawasan, penginputan pendapatan retribusi secara online, tampilan realtime pendapatan retribusi harian, mingguan, bulanan. Dapat memuat berita berita seputar perhubungan, terdapat fasilitas pelaporan oleh masyarakat.

Laporan: Aldi Dermawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here