Anggaran Minim, Latsar CPNS Konut Bertahap

398
Hardin Kepala Bidang Data dan Informasi Diklat Fasilitas ASN dan Korpri BKPSDM Konawe Utara

KONUT, KARYASULTRA.ID-Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2019 di Kabupaten Konawe Utara belum semuanya mengikuti pelatihan Pendidikan Dasar (Latsar). Disebabkan anggaran yang disiapkan tidak cukup.

Dari 264 CPNS tahun 2019, yang sudah Latsar yakni 66 orang tahun 2020. Sementara sisahnya 198 orang akan di gelar tahun 2021 secara bertahap. Anggaran reguler Latsar sebesar Rp1,4 miliar hanya bisa diikuti 165 orang dan sisahnya 33 orang akan Latsar akhir tahun 2021 setelah penetapan anggaran perubahan tahun 2021.

Kepala Bidang Data dan Informasi Diklat Fasilitas ASN dan Korpri BKPSDM Konut, Hardin bilang, anggaran Diklat Latsar tahun 2021 tidak cukup.

Hardin bilang, CPNS yang belum dilantik menjadi PNS diwajibkan mengikuti dan lulus pelatihan dasar (Latsar). Hal itu untuk memenuhi amanat pasal 65 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, serta Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Konawe Utara Akan Melaksanakan Pendidikan Dasar (Latsar) Kepada 198 CPNS.

Hardin menjelaskan, BKPSDM Konut yang bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sultra akan menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS. Terkait kesiapan Latsar sudah disiapkan anggarannya tinggal menunggu jadwal dari BPSDM Provinsi Sultra kapan akan di mulai Pendidikan Latsar CPNS.

Lanjut kata Hardin, pria berkacamata itu menyampaikan, adapun jadwal kapan pastinya dilaksanakan Latsar 165 CPNS masih menunggu jadwal dari panitia BPSDM provinsi karena pelakaanan Pendidikan akan di ambil Ahli oleh Badan Diklat Provinsi Sultra. Sesuai rencana akan di gelar Juni 2021.

Anggota DPRD Konut, Herman Sewani mengapresiasi kerja BKPSDM Konut. Secara lembaga mendukung penuh kinerja BKPSDM untuk melaksanakan Latsar kepada CPNS Lingkup Pemda Konut, adapun kendala terkait anggaran pihaknya di DPRD akan memperhatikan untuk tercapainya Pendidikan Dasar Para CPNS.

“Kalau terkait masi adanya 33 orang yang belum mendapatkan jatah anggaran Latsar, insya Allah pada perubahan Anggaran kita akan upayakan anggaranya, supaya CPNS yang tersisa itu bisa ikut juga melaksanakan latsar tahun ini bersama teman-teman CPNS lainya,” ujar Ketua DPC Partai Bulan Bintang ini.

Laporan : Sulham Tepamba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here