Amrullah Resmi Canangkan Germas dan Cegah Stunting

33
Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT saat sambutan di acara pencanangan Germas dan pencegahan Stunting.

LANGARA, KARYASULTRA.ID-Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) serta Deklarasi pencegahan dan penanggulangan Stunting secara resmi disampaikan Bupati Konkep, Amrullah di lapangan terbuka Mosolo Raya Kecamatan Wawonii Tenggara, Sabtu (30/11/2019). Suami Nurul Hidayati ini meminta agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup sehat. “Sehat adalah harta paling berharga sebab jika kita sakit tidak bisa berbuat apa-apa dan bahkan jadi beban orang lain,” kata Amrullah.

Pasangan Andi Muh Lutfi ini juga berpesan kepada warga Mosolo Raya untuk memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan. Di Kecamatan Wawonii Tenggara ini terdapat dua Puskesmas yakni Polara dan Roko-roko. Dua fasilitas kesehatan ini akan memberikan pelayanan kesehatan secara gratis. Seluruh masyarakat Wawonii telah ditanggung biaya kesehatannya melalui penyediaan anggaran di BPJS.

Perwakilan masyarakat Mosolo Raya, Kalinga. Dalam sambutannya mengucapkan syukur atas penyelenggaraan kegiatan ini.

Selanjutnya, Amrullah menegaskan terkait pembangunan kesehatan telah menjadi program prioritas. Hal ini terbukti berdirinya 8 puskesmas, RSUD, penganggaran biaya kesehatan secara gratis di BPJS. Dalam sambutan ini juga, orang nomor satu di Pulau Kelapa ini menegaskan, selain prioritas kesehatan, pihaknya juga menganggarkan biaya pendidikan sebesar Rp 6 Milyar dan sudah berjalan tiga tahun. Soal infrastruktur jalan, seluruh jalan lingkar pulau Wawonii sudah terakses dengan mudah dan akan terus mendapat perhatian lebih demi mempermudah akses transportasi masyarakat.

“Saya tegaskan, dalam kami memimpin daerah ini tidak pernah terbesit untuk membeda-bedakan dengan kecamatan lainnya. Semuanya kita bangun berdasarkan kemampuan anggaran kita,” tegasnya.

Salah satu perwakilan masyarakat Mosolo Raya, Kalianga saat diberi kesempatan mewakili masyarakat. Dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur atas penempatan kegiatan di wilayahnya. Melalui Germas ini yang menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, sunatan massal, layanan KTP, kartu identitas anak serta BPJS merupakan bentuk kecintaan pemerintah terhadap masyarakatnya.

Amrullah saat membagikan Mobil Bumdes kepada beberapa pengurus Bundes SE Konkep

“Dikesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih karena dalam waktu dekat akan kita nikmati jaringan telekomunikasi. Soal pembangunan jalan maka kami warga disini sudah bersyukur, apalagi jembatan Mosolo sudah terbangun,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, di awali senam pagi yang diikuti warga Mosolo Raya, unsur pemerintah dan anak sekolah SD dan SMP. Usai senam pagi, dikesempatan itu juga telah dibagikan Mobil Badan Usaha Milik Desa (Bundes) melalui Dinas Perhubungan. Selain itu, Amrullah juga membagikan kartu BPJS, kartu identitas anak serta data kependudukan lainnya.

Usai pembukaan, rombongan bupati serta masyarakat menggelar rekreasi di kali Mosolo.

Penulis: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here