600 Perawat Sultra Ukomnas Retaker

116
Ketua PPNI Sultra, Heryanto

KENDARI, KARYASULTRA.ID-Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Tenggara menggelar uji kompetensi nasional (Ukomnas) khusus Perawat Retaker. Disebut Retaker untuk para perawat yang sudah menjalani uji kompetensi berkali-kali namun belum juga lulus. Olehnya melalui Ukomnas Retaker dapat mempermudah para peserta lulus sehingga dinyatakan kompeten. Sebelum Ukomnas, para peserta wajib melalui proses tahapan seperti mempelajari modul dan try out.

Ketua PPNI Sultra, Heryanto mengatakan, Ukomnas Retaker sangat membantu para Perawat yang sudah berkali-kali ujian namun belum Kompeten. Proses Retaker ini sendiri berjalan lancar mulai dari tahapan sosialisasi, try out hingga Ukomnas pada hari Minggu (25/4/2021). Hasil ujian akan diketahui satu bulan ke depan pasca Ukomnas.

Mantan anggota DPRD Bombana ini menambahkan, sebanyak 600 peserta telah Ukomnas. Lokasi ujian CBT tersebar di 6 daerah yakni Kota Kendari, Bau-bau, Muna, Bombana, Kolaka dan Kolaka Utara. Diikuti Perawat DIII dan Ners.

Heryanto menegaskan, OP PPNI selaku Organisasi Profesi perawat juga memiliki tanggung jawab atau fungsi dalam mengembangkan profesi keperawatan di Indonesia termasuk berperan dalam peningkatan kompetensi profesi perawat. PPNI selalu berusaha agar seluruh perawat baru dapat bekerja disetiap fasilitas kesehatan dengan syarat ketentuan telah Kompeten. Salah satu upaya yang sudah dilakukan oleh PPNI adalah menyelenggarakan Uji Kompetensi Nasional (Ukomnas) khusus Perawat Retaker.

Ukom Khusus Retaker dilaksanakan secara online melalui aplikasi Computer Based Test (CBT), dimana setiap peserta akan dinilai kemampuan dan kompetensinya dengan menjawab soal yang telah disusun bersama oleh OP, AIP, dan HPTKes. Soal-soal UKOM Online dikerjakan secara serentak dan bersamaan di tempat peserta masing-masing sesuai jadwal. Sebelum menghadapi Ukom, peserta menjalani persiapan dengan belajar melalui modul dan latihan soal.

Redaksi: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here