55 Lanjut Usia di Konkep Terima Bantuan Rp 2,7 Juta

247
Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT saat menyerahkan bantuan kepada Lima perwakilan Lansia.

KONKEP, KARYASULTRA.ID-Penyerahan secara simbolis Bantuan Program
Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU) kepada 55 orang lanjut usia (lansia) diserahkan oleh Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) di aula kantor setempat, Rabu pagi (13/5/2020). Lima orang perwakilan Lansia beserta Lima orang pendamping dukungan keluarga menerima langsung bantuan tersebut.

Bupati Konkep, Amrullah, didampingi wakilnya dan Sekda Konkep turut serta menyerahkan bantuan secara simbolis. Amrullah mengatakan, program dari Kementrian Sosial ini nilainya Rp 2,7 juta yang diserahkan langsung kepada penerima bantuan lansia. Nilai uang yang sebesar Rp. 2,7 juta ini terbagi tiga komponen pembiayaan yaitu Rp 1,5 juta untuk Lansia, kemudian Rp 500 ribu untuk Dukungan Keluarga yang diberikan kepada salah satu anggota keluarga Lansia Tersebut dan terakhir Dana Rp 700 ribu dikelola oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Insan Kamil Konkep yang nantinya digunakan oleh lansia tersebut sebagai biaya perawatan dan terapi.

“Diharapkan bantuan ini bisa meringankan beban orang tua kita yang sudah berumur 60 Tahun atau 70 Tahun keatas untuk keperluan makan dan kebutuhan lainnya. Selain itu Lansia yang masih produktif atau potensial, dananya bisa digunakan untuk pembinaan-pembinaan keterampilan dan lain sebagainya” kata Amrullah.

Ia juga meminta kepada Dinas Sosial serta lembaga kesejahteraan sosial lanjut usia (LKS-LU) Insan Kamil Konkep untuk benar-benar mendata dan menyalurkan bantuan tepat sasaran. “Jangan ada penerima yang tumpang tindih dengan program bantuan lainnya,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Insan Kamil Konkep, Haryono mengatakan program ini baru pertama kali dilakukan di daerah ini. Haryono menjelaskan bahwa pihaknya diberikan kepercayaan untuk menjalankan program bantuan lansia ini oleh Balai Besar Rehabilitasi Sosial Minaula Kendari yang bernaung di Bawah Direktorat Rehabilitasi Sosial Kemsos RI.

“Kami LKS-LU Insan Kamil Konkep bernaung di bawah Balai Besar Rehabilitasi Sosial Minaula Kendari untuk menjalankan program ini,” kata Haryono.

Haryono mengatakan, sebenarnya data lansia di Konkep yang kami terima sebanyak 300 orang dan ini telah kami usulkan sebagai penerima. Namun setelah melalui proses verifikasi maka keluarlah 55 lansia penerima. “Lansia ada dua kategori yakni lansia potensial dan non potensial. Standar usia lansia yakni 60 tahun,” jelasnya.

Penulis: Kalpin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here