14 Tahun Usia Bumi Oheo

100
Ruksamin Bupati Konawe Utara Saat Sambutan Hut Konut Ke-14

KONUT, KARYASULTRA.ID-Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dan masyarakat merayakan hari bahagia daerah tersebut yang ke 14 tahun secara sederhana di tengah gangguan kesehatan global. Biasanya perayaan hari jadi yang diperingati tiap tanggal 2 Januari di gelar meriah dan memukau. Usia 14 tahun dapat diartikan sebagai kematangan menuju daerah lebih baik lagi. Sebab sejak mendapat amanah menjadi satu kabupaten terpisah dari induknya Konawe telah nampak berbagai keberhasilan pembangunan. Baik itu sektor pendidikan, kesehatan, pertambangan, pertanian, pariwisata serta sektor andalan lainnya telah tergarap demi kesejahteraan masyarakat bumi Oheo.

Bupati Konut, Ruksamin mengungkapkan, ulang tahun kali ini hanya bisa diperingati melalui upacara tanpa ada kegiatan yang melibatkan masyarakat luas. Ini semua ditempuh demi memutus Covid-19.

Tema ulang tahun yakni ‘Dengan hari jadi Konut kibarkan semangat untuk mencegah dan memberantas Covid-19 Guna mendorong perekonomian menuju konawe utara lebih sejahtera dan berdaya saing’. Melalui tema ini di harapkan daerah ini bisa memutus rantai Covid-19 serta ekonomi lebih maju untuk Konut lebih sejahtera.

” Sejak menjadi daerah otonom, daerah ini telah banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan di berbagai aspek baik aspek pendidilan,kesehatan, infrastruktur serta aspek lainya. Untuk menjadi Kabupaten yang lebih baik lagi, dibutuhkan kerja keras dan kerja sama di berbagai elemen masyarakat dalam membangun Kabupaten Konut,” ujarnya.

Suasana Pembukaan Hut Konut Di ruangan Aulah Konasara Kantor Bupati Konawe Utara

Lanjut Ruksamin perayaan Hut ke 14 konut di rayakan secara sederhana sesuai protokol kesehatan walaupun acaranya sederhana yang penting maknanya. Apa yang telah dicapai, apa yang kurang dan harus diperbaiki, Tadi acara juga di-share ke seluruh kantor dinas dan kecamatan melalui video conference. Tetap jaga kondisi untuk mencegah penyebaran corona.

“Dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mengikuti prosedur seperti melakukan social distancing, physical distancing, juga mengenakan masker apabila beraktivitas di luar rumah dan Kalau rakyat disiplin, insyaallah pandemi segera berakhir dan kondisi akan kembali normal,” terangnya.

Ketua Panitia Hut Konut ke-14 Yade Rianto mengatakan perayaan ulang tahun ini berbeda dengan sebelumnya di rayakan dengan berbagai macam kegiatan baik upacara maupun parade dan pertunujukan lainya tahun ini karna dengan bencana covid 19 acaranya di buat sederhana dengan secara virtual yang di ikuti 13 Kecamatan.

“Memang kondisi global sedang dalam situasi darurat Covid-19. Biasanya saat HUT ada upacara kebesaran, ada paripurna juga, sekarang acara tersebut ditiadakan, perayaan disederhanakan,” tutur Yade Rianto ketua Panitia Hut Konut Ke 14.

Penulis: Sulham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here